Minggu, 26 November 2017

Grounding atau arde

Grounding atau arde adalah sistem pentanahan yang terpasang pada suatu instalasi listrik yang bekerja untuk meniadakan beda potensial dengan mengalirkan arus sisa dari kebocoran tegangan atau arus ke bumi.
 
Grounding atau arde
Berikut ini fungsi grounding :
1. Untuk Safety, grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung ke bumi atau tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api pada konsleting, misalnya kabel grounding yang
terpasang pada badan/sasis alat elektronik seperti mesin game, panel listrik dll, akan mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian di dalam mesin game bocor dan menempel ke body mesin.
2. Sebagai proteksi peralatan elektronik atau instrumentasi sehingga dapat mencegah kerusakan akibat adanya bocor tegangan.
3. Grounding di dunia eletronika berfungsi untuk menetralisir cacat (noise) yang disebabkan baik oleh daya yang kurang baik, ataupun kualitas komponen yang tidak standar.
Pengukuran grounding
Pengukuran Grounding dengan menggunakan alat multimeter atau AVOMETER (Ampere, Volt dan Ohm Meter) dengan Metode Voltage :
· - Fasa (+) ke Netral (-) : Untuk memastikan adanya aliran listrik standar listrik yaitu 220 Volt
· - Fasa (+) ke Ground : Nilainya sama yaitu 220 volt bila grounding normal
· - Netral (-) ke Ground : Tegangan maksimal 5 volt yang digunakan sebagai standar (0 - 5v)
pengukuran tegangan listrik ini disarankan menggunakan pilihan pengukuran dengan option AC Volt dengan maksimal tegangan lebih dari 220 Volt, contohnya 250Volt atau 1000Volt

DAFTAR ISI BLOG BERUANG MADU

0 komentar:

Posting Komentar

Hungry dog. Bola tidak mau turun

September 02, 2018       No comments Hungry dog. Bola tidak mau turun